Desain interior rumah bisa mengindikasikan suatu kepribadian sang pemilik rumah. Sebab, penataan desain interior biasanya tergantung minat, hobi, maupun gaya hidup pemiliknya. Meskipun setiap pemilik memiliki gaya tersendiri dalam menata interiornya, tetapi tetap satu tujuan yakni untuk memberikan keindahan, kepuasan dan kenyamanan bagi pemiliknya.

Namun, dari sekian banyaknya interior rumah, mereka hanya berkutat pada warna dinding dan furniture-furniture yang melengkapinya. Padahal, ada satu benda dekoratif yang mampu mempertegas konsep hunian dan karakter ruangan. Ya, menggunakan cermin. Keberadaannya dapat bertindak sebagai focal point atau daya tarik yang mampu membuat penasaran siapapun yang melihatnya.

Adanya cermin juga tidak semata untuk bercermin. Akan tetapi desain yang unik juga dapat membuat cermin menjadi elemen dekoratif yang dapat mempercantik interior rumah anda. Lantas, bagaimana tips memilih cermin yang pas untuk interior rumah anda?

Beikut 6 tipsnya…

Tentukan terlebih dahulu ukuran cermin yang sesuai dengan kebutuhan

Besar maupun kecilnya cermin tentu tergantung pada konsep dan desain rumah. Jika rumah anda berkonsep minimalis, sebaiknya memilih cermin yang berukuran sedang atau besar. Sangat cocok jika ditempatkan di ruang utama. Karena akan membuat kesan ruangan tampak lebih besar nan megah. Namun jika ruangan anda memiliki area yang relatif luas, maka percantik ruangan dengan cermin hias berukuran sedang.

Untuk mendapatkan ukuran cermin yang tepat, ada baiknya anda mengukur area yang akan dipasangi cermin sebelum membeli ataupun memesannya. Bilamana diperlukan, ukurlah area cermin dua kali untuk memastikan ukuran cermin sesuai kebutuhan agar tidak repot-repot mengembalikan barangnya apabila tidak pas saat dipasang.

Pilih cermin sesuai kebutuhan ruangan

Penggunaan cermin untuk ruangan utama tentu berbeda dengan ruangan lainya. Misalnya cermin rias tentu lebih cocok untuk kamar tidur, cermin mandi tentu lebih cocok untuk kamar mandi. Begitu pula ruang utama bahkan ruang tamu yang orang lain sewaktu bertamu dapat melihatnya, tentu haruslah sesuai dengan kebutuhan ruangan tersebut.

Jadi, tentukan terlebih dahulu ruangan yang akan dipasangi cermin. Agar tidak salah pengaplikasian.

Pilih warna bingkai cermin yang senada dengan ornament di sekitar ruangan

Senada yang dimaksud di sini adalah selaras. Dalam artian bahwa ketika memilih cermin sebagai dekorasi ruangan, anda haruslah mempertimbangkan faktor keselarasan atau kesesuaian dengan benda-benda yang terdapat di sekitarnya seperti furniture atau ornament lain yang diletakkan pada area cermin nantinya. Pemilihan warna bingkai cermin yang selaras dengan barang-barang di sekitarnya tentu akan menciptakan harmoni yang indah dipandang mata. Jika ingin lebih aman dan cocok dengan segala macam konsep, pilihlah bingkai cermin berwarna natural seperti hitam, cokelat, atau silver.

Pilih juga material pendukung sebuah cermin

Tentu semua tahu jika material utama cermin adalah kaca. Namun, tidaklah cukup berkutat pada material utamanya dalam menentukan pilihan yang pas bagi interior hunian anda. Material pendukung tentu dapat merepresentasikan konsep utama yang ingin anda hadirkan.

Misalkan saja cermin dengan bingkai kayu, tentu akan membuat kesan natural (alami). Atau cermin dengan bingkai logam seperti alumunium cor atau kuningan, tentu akan lebih membuat kesan glamour dan mewah. Nah, agar sesuai dengan konsep dan desain interior anda, maka tips ini jangan sampai anda lewatkan.

Pilih juga bentuk dan gaya cermin untuk mempertegas konsep interior rumah anda

Tips selanjutnya dalam memilih cermin yang pas untuk interior rumah anda adalah pemilihan bentuk dan gaya dari cermin itu sendiri. Sebab, bentuk dan gaya turut mendukung peran dalam menciptakan karakter pada rumah Anda.

Jika desain interior rumah anda bergaya vintage maka cermin antik berbentuk oval dengan bingkai ornamental sangatlah pas diaplikasikan untuk memberikan kesan klasik dan vintage. Namun jika interior rumah anda bergaya kontemporer maka cermin yang pas adalah cermin yang berbentuk lingkaran atau segi empat minimalis untuk mempertegas konsep modern dan kekinian. Pada gaya kontemporer seperti ini juga tak ada salahnya untuk memilih cermin berbentuk abstrak atau acak seperti pada katalog cermin hias kami. Ada beragam model cermin jerondalem yang dapat mempertegas konsep interior rumah anda.

Masih bingung dalam memilih cermin yang pas untuk interior rumah anda? Konsultasikan kepada kami (jerondalem)

Memilih cermin yang pas untuk suatu hunian tentu gampang-gampang susah. Kenapa demikian? Karena jika salah memilih cermin maka keberadaanya tidak lebih hanya untuk fungsional bercermin saja. Pemilihan cermin yang salah juga akan mengurangi nilai estetika interior rumah anda. Bahkan dapat membuat kesan saling tabrak konsep. Inilah yang harus anda khawatirkan.

Jika anda masih bingung, konsultasikan kebutuhan cermin anda kepada ahlinya yakni Jerondalem. Kami akan membantu memilihkan cermin yang pas untuk interior rumah anda. Kami bukan penjual atau distributor, melainkan produsennya langsung. Jadi seluk beluk mengenai desain cermin terutama cermin hias amatlah berpengalaman. Hubungi jerondalem pada tautan berikut.

Itulah 6 tips memilih cermin yang pas untuk interior rumah anda. Semoga artikel kami ini dapat membantu anda dalam menentukan cermin dekoratif yang pas. Jangan lupa menengok katalog cermin hias kami untuk membantu mempermudah pilihan anda.

Salam.