Bersihkan Cermin yang Buram Dengan 9 Langkah Mudah!

Sebagai produk interior yang mencolok, kebersihan cermin haruslah terjaga. Sebab, adanya sedikit noda akan mudah terlihat dan sangat mengganggu dalam bercermin. Apalagi jika noda tersebut banyak dan membandel yang pada akhirnya membuat kaca cermin menjadi buram. Lebih mengganggu bukan?

Terlebih jika fungsional cermin tersebut digunakan sebagai dekorasi interior dinding saja. Pasti akan mengurangi nilai estetika dan fungsional hiasan itu sendiri. Padahal cermin hias sangatlah menarik perhatian. Bukan tidak mungkin jika ada orang lain yang melihat cermin seperti itu akan beranggapan bahwa sang pemilik malas membersihkannya.

Namun tenang jika cermin Anda terlanjur buram, kusam, serta tidak enak dipandang lagi, ada beberapa tips cara membersihkan cermin yang buram karena noda-noda membandel.

Bersihkan cermin dengan cairan pembersih kaca

Bahan dasar cermin adalah kaca. Maka cara pertama yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Apalagi cairan seperti ini dapat mudah dijumpai di toko-toko terdekat atau minimarket. Membuat cara ini sangat popular di kalangan masyarakat.

Caranya cukup menggunakan lap setengah basah terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa mengaplikasikan cairan permbersih kaca. Masukkan cairan ke dalam botol penyemprot yang sudah dibersihkan. Lalu semprotkan cairan tersebut ke cermin secara merata. Lap kembali dengan lap kering.

Gunakan alkohol

Selain untuk membasmi kuman-kuman, rupanya alcohol juga dapat digunakan untuk membersihhan cermin dari noda membandel. Cara membersihkannya dengan menuangkan sedikit alkohol ke lap kering. Kemudian gosok-gosokkan lap tersebut secara menyeluruh. Setelah merata, lakukan pengelapan kembali dengan lap kering untuk memaksimalkan kebersihan cermin.

Menggunakan face tonic

Face tonic yang umumnya digunakan untuk membersikan wajah terutama kaum hawa rupanya juga dapat digunakan untuk membersihkan cermin. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan face tonic secukupnya ke kapas kemudian oleskan ke bagian permukaan cermin secara merata. Selanjutnya anda dapat mengelapnya dengan menggunakan lap bersih dan kering untuk menyempurnakan kebersihannya.

Cairan pemutih pakaian juga bisa

Siapa bilang cairan pemutih pakaian hanya bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada pakaian. Nyatanya cairan pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan noda membandel pada cermin. Caranya hamper sama dengan metode alcohol yakni dengan menuangkan cairan pemutih secukupnya ke lap kering yang bersih. Gosok-gosokkan ke cermin anda secara merata. Lalu bersihkan kembali dengan lap lain yang kering dan bersih agar kebersihan cermin anda terlihat kinclong.

Membersihkan cermin dengan pasta gigi

Pasta gigi yang umumnya digunakan untuk membersihkan gigi dan mencegah gigi berlubang ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan cermin. Caranya sangat mudah, anda cukup mengoleskan pasta gigi pada kain lap kering. Oleskan hingga merata pada bagian permukaan cermin yang buram. Kemudian diamkan sejenak agar pasta gigi mengering. Jika sudah kering, anda bisa membilasnya dengan kain lap setengah basah dan melanjutkannya dengan kain lap kering.

Larutan bubuk kaporit juga layak dicoba

JIka biasanya bubuk kaporit digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di kolam renang atau sumur. Kini bubuk kaporit juga bisa digunakan untuk membersihkan cermin secara efektif. Caranya campurkan bubuk kaporit dengan sedikit air dan aduk merata sampai menjadi larutan yang kental. Kemudian oleskan ke permukaan cermin yang terkena noda. Biarkan sampai mengering terlebih dahulu. Jika sudah mengering, bilas dengan air. Lalu lap dengan menggunakan kain lap bersih dan kering. Pastikan lakukan pengelapan hingga kering agar tidak ada noda bekas air yang mengering sehingga tidak timbul bercak bekas noda air yang mengering.

Gunakan perasan lemon

Sebagai bahan yang sering digunaka dalam sabun piring karena dianggap ampuh menghilangkan noda, ternyata juga berlaku untuk kaca cermin. Caranya peras lemon ke dalam wadah (gelas, mangkok, dsb). Oleskan secara merata perasan lemon dengan menggunakan kapas ke permukaan cermin yang kotor. Kemudian lap dengan lap kering dan bersih.

Menggunakan cuka juga bisa

Cuka ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan cermin. Caranya dengan mencampurkan cuka putih dan air hangat. Kemudian aplikasikan pada bagian cermin yang kusam. Oleskan hingga merata dan lap dengan kain lap bersih dan kering.

Noda cermin sangat membandel? Gunakan larutan asam sitrat

Jika noda cermin anda cukup membandel, langkah mudah yang dapat dilakukan adalah dengan metode larutan asam sitrat. Diklaim ampuh karena selain untuk membersihkan, asam sitrat juga untuk membunuh kuman. Caranya dengan mengoleskan larutan asam sitrat secara merata dan diamkan hingga mengering. Kemudian lakukan pengelapan dengan lap setengah basah yang sudah dicelupkan air hangat. Lakukan pengelapan lagi dengan lap kering dan bersih sampai benar-benar kering.

Itulah 9 tips membersihkan cermin yang buram dengan langkah-langkah mudah karena anda dapat melakukannya sendirian dan bahan-bahan tersebut mudah dijumpai di pasaran. Adanya noda memang cukup mengganggu apalagi jika cermin anda mudah nyiplak dan kurang berkualitas.

Jika ingin cermin yang berkualitas dan memiliki estetika tinggi maka bisa menggunakan cermin produksi Jerondalem. Karena cermin buatan kami dibuat dengan teknik tinggi, uji kelayakan dan kontrol kualitas berpadu seni yang antik serta unik. Anda dapat melihat karya cermin kami pada katalog di situs ini dengan mengklik menu products > cermin antik. Bahkan anda juga dapat memesan secara custom yang disesuaikan dengan keinginan dan konsep interior rumah anda.

Selamat mencoba tips di atas dan selamat berbelanja.. J